ups..file2 gw kemana nih kok ga ada di flashdisk, padahal tadi sebelum gw scan masih ada en blm gw delete..tidak…!!#@!^*$$.

temen2 pernah ngalamin kejadian diatas? bingung ngliat file2 atau folder ga ada di flashdisk padahal sebelumnya ada dan blm pernah kita hapus?tenang..kalo memang blm pernah kita hapus atau ga ada kemungkinan juga orang lain ngehapus file2 kita, itu berarti file2 atau folder kita masih ada di dalam flashdisk. masih ada? yang bener?yoi masih ada..hanya saja file2 dan folder kita di hidden (disembunyikan) oleh virus.lho kok bisa?

Virus biasanya dalam menginfeksi dia menggunakan teknik pendekatan sosial, supaya virus tidak nampak seperti virus maka dia menyamar menjadi file atau folder yang ada didalam flashdisk kita.Kalo gitu jadi ada yang kembar dong sama file2 dan folder kita?yups betul..oleh karena itu supaya tidak mencolok dan mengundang perhatian, maka file2 dan folder kita yang asli di hidden (disembunyikan).Dengan harapan waktu kita akan membuka file atau folder yang ada didalam flashdisk kita maka yang kita klik sebenarnya adalah file2 dan folder yang palsu yang sebenernya adalah virus.Dan bisa ditebak waktu kita klik file atau folder tersebut maka sebenarnya kita sedang membuat virus2 itu bekerja dan akhirnya menyerang komputer kita.cck…ck..ck.ck..

trus gimana cara ngebedain kalo file2 atau folder yang ada didalam flashdisk kita itu palsu alias virus? caranya :
– buka flashdisk dengan windows explorer trus klik menu View Details, – selanjutnya jendela explorer akan berubah menjadi 4 kolom Name, Size, Type, Date Modified.
– nah liat di kolom Type, kalo File2 dan folder kita kecuali software typenya Application maka sudah bisa dipastikan kalo itu virus. knp? karena kalo itu folder seharusnya typenya adalah Folder dan kalo itu file typenya tergantung dari jenis filenya.Misalnya file Word maka harusnya typenya adalah Microsoft Office Word Document, atau file text harusnya typenya adalah Text Document, dsb.
– atau file2 yang berekstensi lain yang perlu dicurigai sebagai virus adalah file2 yang berekstensi sperti .vbs, .exe, .scr, .com.

Ok kita kembali ke topik awal.. untuk menghilangkan virusnya biasanya kita akan langsung scan flashdisk kita.Kalo antivirusnya selalu diupdate, maka virusnya akan terdeteksi dan langsung didelete berikut dengan file2 atau folder yang palsu tadi.Nah masalahnya file2 dan folder kita yang asli yang di hidden oleh virus ga serta merta bisa langsung di tampilkan lagi, artinya masih tetap tersembunyi. Oleh karena itu kita perlu tampilkan kembali file2 dan folder kita dengan cara manual.Tapi sebelumnya kita perlu cek, apakah benar file2 dan folder kita masih ada didalam flashdisk.Ok cara liat file dan folder yang dihidden adalah :
– buka flashdisk dengan windows explorer
– klik menu Tools > Folder Options
– klik view
– Pada pilihan Hidden Files and Folders pilih Show Hidden Files and Folders
– Hilangkan checklist pada pilihan hide extensions for known file types
– Hilangkan checklist pada pilihan Hide protected operating system files (Recomended)
– Klik OK
Kalo file2 dan folder kita masih ada, maka file2 dan folder tersebut akan terlihat tapi dengan tampilan transparan.

Selanjutnya untuk menghilangkan efek hidden tersebut caranya adalah:
– klik menu Start > klik Run > ketik cmd > klik OK /Enter
– Setelah itu jendela Dos /Command Prompt akan muncul
– Menuju lokasi flashdisk kita, kalo flashdisk kita diidentifikasi sebagai drive E maka cukup dengan mengetikkan E : kemudian tekan enter.Begitu juga kalo flashdisk kita diidentifikasi sebagai drive F, cukup dengan mengetikkan F: kemudian enter.
– setelah kita berada di direktori flashdisk kita, langkah selanjutnya adalah mengetikan perintah untuk mengubah properti file atau folder kita dari hidden menjadi unhidden/show. Ketikkan perintah berikut ini : attrib -s -h *.* /s /d (perhatikan spasinya!!), setelah itu Enter
– kemudian untuk beberapa saat command prompt sepertinya tidak ada reaksi , artinya komputer kita sedang bekerja mengembalikan file/folder yang dihidden oleh virus.
– jika command prompt sudah menunjukkan direktori flashdisk kita lagi, misalnya E: maka berarti file2 dan folder kita yang dihidden oleh virus sudah kembali normal.
– buka flashdisk dengan windows explorer, maka file2 dan folder yang dihidden oleh virus yang tadinya tampilannya transparan maka tampillannya akan kembali normal.

Langkah2 diatas tidak hanya bisa kita terapkan pada flashdisk, tapi juga harddisk.Yang perlu kita lakukan di command prompt adalah menuju lokasi harddisk yang file2 dan foldernya di hidden oleh virus. Misalnya yang terinfeksi adalah drive D dan yang terinfeksi hanya folder Dokumen maka untuk menuju lokasi tersebut ketikkan D: Enter kemudian ketik CD “Dokumen” Enter. Setelah itu tinggal ketikkan perintah attrib -s -h *.* /s /d, dan tunggu beberapa saat.gampangkan? jadi ga perlu panik lagi kalo file2 atau folder kita tiba2 hilang padahal kita ga pernah menghapusnya.Ok semoga membantu (@ ndrik, 2009)