Buat temen2 yang sering ngebuka facebook, mungkin mulai ngerasa terganggu dengan adanya iklan (advertise) yang ikut tampil di profile facebook kita. Selain membuat time loading lebih lama saat kita buka facebook, karena harus menampilkan iklan sekaligus profile kita.Juga terkadang ada iklan2 yang mungkin kita ga suka dan itu tampil terus menerus, dan ada juga iklan2 yang sebenarnya blm boleh dilihat anak
dibawah umur.

Trus gmn solusinya?? memang kita ga bisa sepenuhnya menghilangkan iklan2 itu.Karena iklan2 itu adalah sumber penghasilan dari facebook itu sendiri.Tapi paling tidak kita bisa sedikit mengakalinya, yaitu dengan
cara menghidden (membuat iklan2 itu tidak tampil) saat kita membuka facebook di komputer kita.Tapi yang perlu diingat adalah iklan2 ini tidak tampil “hanya” di komputer kita, artinya saat orang lain membuka profile
kita melalui komputer dia ataupun saat kita membuka profile kita bukan dengan komputer kita maka iklan2 itu akan tetap muncul.Sebagai catatan juga, hal ini bisa dilakukan jika kita browsing menggunakan browser
Mozilla firefox atau Internet Explorer.Di tulisan ini, saya menggunakan browser Mozilla firefox.

Sekarang gimana caranya?? untuk menghilangkan iklan2 dari facebook kita, ada 2 komponen yang kita perlukan.Yang pertama adalah add-ons(aplikasi tambahan) Greasemonkey untuk browser Mozilla firefox,yang kedua adalah script untuk menghidden iklan2 di facebook. Berikut ini langkah-langkahnya :

Download Add-ons Greasemonkey untuk Mozilla:
1.Dari menu Tools klik Add-ons, tunggu sampai muncul jendela Add-ons
2.Klik Get Add-ons , di kotak search ketik Greasemonkey trus enter.
3.Setelah Greasemonkey yang kita cari ketemu, klik Add to firefox setelah proses install selesai klik tombol restart yang muncul di atas kanan jendela Add-ons
4.Jika Greasemonkey berhasil di install maka di pojok kanan bawah Mozilla muncul icon Greasemonkey dengan logo bergambar monkey.

Download dan install script untuk menghidden iklan2 di facebook:
1.Buka situs http://userscripts.org/
2.Di kotak search ketik Remove all facebook ads for Greasemonkey
3.Klik di salah satu hasil pencarian
4.Setelah itu klik pada menu Install, tunggu beberapa saat sampai tampil jendela konfirmasi.Lanjutkan dengan klik tombol Install
5. Jika berhasil di pojok kanan bawah mozilla akan tampil pesan Remove all facebook ads installed successfully dan otomatis scripts akan aktif.

Jika saat menginstall temen2 sedang membuka facebook maka logout terlebih dahulu dan kemudian login lagi untuk melihat hasilnya.Maka mulai dari sekarang kita bisa membuka facebook tanpa diganggu dengan hadirnya iklan.Ok semoga membantu..(©2009 hendrik jiesoft yulianto)