Virus computer bisa bikin kita pusing tujuh keliling..gimana ga,file skripsi, file surat or file dokumen2 penting bisa corrupt alias ga bisa dibuka alias error, bahkan bisa2 komputer kita juga hang en ga bisa masuk ke windows. Kalo dah begini bisa berabe urusannya, karena kita harus install ulang en yang pasti buang2 waktu.
Ada berbagai cara buat nangkal virus, en kalo bisa kita tangkis virus ini dari sedini mungkin sebelum sempet menyebar. Salah satunya dengan cara mematikan fitur Turn On untuk Flashdisk,CD en Floopy Disk. Lho apa hubungannya?jadi begini ceritanya..he..he..

Sama kaya virus penyakit yang membutuhkan media untuk menyebar en akhirnya menginfeksi, begitu juga dengan virus computer membutuhkan media untuk menyebar dan menginfeksi computer. Media yang dipake ama virus computer adalah flashdisk, disket, cd/dvd, internet, LAN dsb. Trus di computer kita (windows) ada fitur Turn On yang fungsinya untuk mendeteksi kalo ada flashdisk, disket, ato cd/dvd yang dimasukin sekaligus menampilkan isinya. Nah fitur ini dimanfaatin ama virus computer, jadi kalo flashdisk, disket, cd/dvd kita ada virusnya begitu kita colokin(he..he..sory susah nyari bahasa yang enak diucapin)kekomputer kita langsung tuh virus menyebar. Tapi kalo fitur ini kita matiin so sekalipun di flashdisk, disket, cd/dvd kita ada virusnya ga akan otomatis nyebar kekomputer kita, kecuali kita open/double klik file-file yang ada di flashdisk, disket, cd/dvd kita yang udah terinfeksi virus.Lho berarti tetep masih nyebar dong??ya iyalah..masa ya iya wew..jadi maksudnya gini..virusnya masih bisa nyebar kalo kita buka flashdisk,disket,cd/dvd kita pake windows explorer trus kita open/double klik file2 yang ada didalamnya yang udah terinfeksi virus.Tapi seenggaknya ini bisa mencegah virus menyebar secara otomatis ke computer kita sewaktu kita colokin flashdisk,disket, cd/dvd.Apalagi kalo antivirus kita ga pernah diupdate, cara ini cukup efektif. Tapi dengan dimatiinnya fitur ini maka waktu kita colokin flashdisk, disket, cd/dvd windows ga akan otomatis menampilkan flashdisk,disket, cd/dvd kita. Jadi harus lewat windows explorer atau my computer.

Ok !! udah paham ato malah mo muntah ??he..he..ga papa2 namanya juga belajar (he..he..membela diri. Padahal mah yang bener kata pengantarnya berbelit-belit). Trus cara matiin fitur Turn On nya gimana??Ini dia caranya :
1. Klik menu Start > klik Run..
2. Ketik gpedit.msc > OK
3. Klik Administrative templates > trus disebelah kanan, double klik system
4. Double klik Turn Off Autoplay
5. Pilih Enabled trus klik Ok

Gimana, gampang kan?? Ok mudah2 an bisa sedikit membantu.(©ndrik,2009)

Iklan